
Kepramukaan
Mata kuliah Pendidikan Dasar Ke-Pramukaan merupakan mata kuliah keahlian bidang studi pada program S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan kepada mahasiswa dengan bobot mata kuliah 2 SKS. Dalam perkuliahan ini dibahas Dasar Filsafat, Metode Pendidikan Kepramukaan, Fungsi dan Peranan Kepramukaan dalam Proses Pendidikan Bangsa, Sejarah Kepanduan, Lima Faktor Pendidikan Kepanduan. Organisasi Gerakan Kepramukaan, Kiasan Dasar-Sistem dan Metode, Macam-macam Upacara, Pedoman Teknik Kepanduan I sampai V, dan Mengenal Peralatan Latihan Kepanduan.
Dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang baik, serta mampu mengelola kegiatan kepramukaan di masyarakat, khususnya masyarakat sekolah dalam rangka pembinaan generasi muda dan pemanfaatan waktu luang.
Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah ekspositori dengan model pembelajaran active learning seperti: ceramah, tanya jawab, diskusi, active presentasi, demonstrasi, penugasan, kerja kelompok, dan unjuk kerja. Metode tersebut akan diterapkan secara bergantian dan bervariasi dalam setiap pertemuan sehingga dalam kegiatan pembelajaran mahasiswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran.

Pengembangan pembelajaran matematika SD I
mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib di prodi PGSD dimana mahasiswa mampu memahami garis-garis besar program pengajaran (GBPP), teori belajar, strategi dan penilaian pembelajaran matematika sekolah dasar, serta mampu mengkaji materi matematika SD.

Pemecahan Masalah Matematika
Mata kuliah pemecahan masalah matematika merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGSD dan dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang substansi:
1. Hakikat matematika, pengertian masalah dalam matematika, serta pentingnya pemecahan masalah matematika di SD.
2. Strategi pemecahan masalah yaitu strategi Polya; strategi menebak dan menguji; strategi menggunakan pola; strategi menggunakan model; strategi eliminasi; strategi simplify (penyederhanaan); strategi heuristik (coba-coba); serta strategi intuitif.
3. Pembelajaran Berbasis Masalah (Prblem Based Learning); pengertian PBL; landasan teori PBL; ciri-ciri PBL; prosedur PBL; serta kaidah pelaksanaan PBL.
4. Teknik penyusunan RPP dan teknik penilaian dalam PBL serta
5. Implementasi PBL dalam topik-topik esensial matematika di SD.
6. Diskusi temuan hasil implementasi PBL dalam topik-topik esensial matematika di SD,

Pengembangan Konsep Dasar IPA SD
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini merupakan salah satu matakuliah wajib di Program studi Pendidikan Sekolah Dasar. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa mengenai konsep sains pada tingkat sekolah dasar, mampu menerapkan konsep-konsep sains dalam pembelajar SD. Dampak dari mata kuliah ini dihaapkan mahasiswa mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep dasar sains dalam kehidupan bermasyarakat.