EKONOMI INDONESIA
Zakaria Zakaria

EKONOMI INDONESIA

 Mata Kuliah Perekonomian Indonesia adalah untuk memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan tentang tahap-tahap dan permasalahan- permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembahasan dimulai dengan beberapa proses yang menyertaai pembangunan ekonomi: proses akumulasi, alokasi, demografi dan distribusi

Metode Penelitian
Muslem Daud

Metode Penelitian

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

 

1. IDENTITAS MATAKULIAH :

Nama Mata Kuliah                    : Metode Penelitian

Kode Mata Kuliah                      : EKO532

Bobot                                            : 3 SKS

Jenjang                                        : S1

Jurusan/Prodi                            : Pendidikan Ekonomi/ semua jurusan

Dosen                                           : Muslem Daud, M.Ed, Ph.D

NIDN                                              : 1014117302

 

2. TUJUAN

          Mahasiswa memiliki kompetensi:

1. Mengidentifikasi domain Penelitian Pendidikan,

2. Memahami jenis-jenis penelitian pendidikan,

3. Memahami dasar-dasar penelitian pendidikan,

4. Mengidentifikasi permasalahan penelitian,

5. Mengidentifikasi variabel penelitian,

6. Mengembangkan dan merumuskan kajian teori dari sumber belajar,

7. Menyusun kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan merumuskan hipotesis

     penelitian.

8. Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel.

9.  Mengembangkan indikator indikator dan instrumen penelitian,

 10.  Menguasai teknik membuktikan validitas instrumen dan mengestimasi

        reliabilitas instrumen,

 11.  Menguasai teknik analisis data penelitian.

 12.  Menyusun proposal peneltian.

 13.  Mereview hasil penelitian.

 

 

3. DESKRIPSI

 Kuliah ini meliputi Domain Penelitian Pendidikan, jenis-jenis penelitian pendidikan, dasar-dasar penelitian pendidikan, permasalahan penelitian, variabel penelitian, kajian teori dari sumber belajar, rumusan hipotesis (jika ada), teknik sampling, indikator dan instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas instrumen, teknik analisis data penelitian, pelaporan publikasi, dan review hasil penelitian.

 

I.         Standar Kompetensi :   Menguasai konsep dan Praksis Penelitian  (Riset) Pendidikan

 Kompetesi Dasar

Materi Pokok/ Rincian Materi

Kegiatan  Belajar

1

2

3

 

1.   Memahami berbagai jenis dan metode riset

 

 

 

 

2.   Mampu merancang riset pendidikan

 

 

 

 

 

1.1  Konsep dasar riset

1.2  Pendekatan riset kuantitatif dan kualitatif

 

 

2.1  Desain riset kuantitatif dan kualitatif

2.2  Spektrum   Penelitian

2.3  Latar belakang dan identifikasi masalah

 

2.4  Perumusan masalah/fokus penelitian

2.5  Perumusan tujuan dan manfaat hasil riset

 

2.6  Kajian teori dlm rangka perumusan grand teori dasar kajian variabel penelitian

 

2.7  Kajian empirik hasil penelitian relevan.

 

 

2.8  Perumusan kerangka pikir dan perumusan hipotesis.

 

 

 

 

2.9  Jenis pendekatan dalam riset

 

2.10 Subyek riset : populasi dan sampel

 

2.11 Jenis metode dan prosedur  

pengumpulan data

 

2.12 Prosedur penyusunan instrumen riset

 

2.13 Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif

 

2.14 Penafsiran hasil riset

 

2.15 Penyusunan proposal riset

 

2.16 Melakukan riset artificial

 

 

 

Mengkaji konsep dan prinsip-prinsip riset

Mengkaji berbagai pendekatan dan metode riset

 

 

 

Mengkaji desain riset kuantitatif dan kualitatif

Mengkaji spektrum penelitian

Mencari fakta dan kajian logika/ konsep yg relevan dg masalah riset.

Membuat rumusan masalah/fokus riset.

Merumuskan tujuan dan manfaat riset

 

 

Berlatih menyusun kerangka teori /grand teori yg menjadi dasar kajian variabel penelitian

 

 

Berlatih memilih dan meramu kajian empirik yg relevan dg variabel riset

 

Berlatih menyusun kerangka pikir keterkaitan antar variabel sesuai dg jenis konstelasi variabel

 

Berlatih merumuskan berbagai jenis  hipotesis dan tipe kesalahan uji hipotesis

 

Mengkaji jenis pendekatan dlm riset

 

Mengkaji dan mendiskusikan subjek riset dg berbagai teknik yg sesuai dg konteks riset.

Mengkaji berbagai jenis dan prosedur pengumpulan data

 

 

Berlatih menentukan , mengkaji, dan menyusun instrumen riset

 

Mengkaji dan memilih teknik analisis data yg sesuai dg karakteristik riset  dan konstelasi variabel

 

Berlatih mengkaji /menafsiran  hasil riset dr studi empirik yg relevan

Menyusun proposal sbg embrio proposal skripsi

 

Berlatih melakukan penelitian dlm skop kecil

  

 

4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Ekspositori dan Inkuiri

Metode : cermah, tanya-jawab, diskusi, dan bermain peran.

Tugas    : makalah, penyajian, dan laporan kuliah

Media    : OHP, LCD dan Online/ Daring

5. EVALUASI

1.      Selalu hadir dan aktif mengikuti perkuliahan di kelas sesuai jadwal, minimal 80% kehadiran.

2.      Selalu belajar secara aktif dan menyelesaikan tugas yang diberikan, baik tugas individual maupun kelompok.

3.      Menyerahkan tugas tepat pada waktunya.

4.      Mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS).

5.      Menyerahkan ugas akhir/ proposal penelitian

6.      Mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).

 

6.      RINCIAN MATERI PERKUALIAHAN

 

Pertemuan/

Minggu

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok

1

Mengidentifikasi domain Penelitian Pendidikan

Domain Penelitian Pendidikan

2

Memahami jenis-jenis penelitian pendidikan

jenis-jenis penelitian pendidikan

3

Memahami dasar-dasar penelitian pendidikan

dasar-dasar penelitian pendidikan

4

Mengidentifikasi permasalahan penelitian

permasalahan penelitian pendidikan

5

Mengidentifikasi variabel penelitian

Variabel dalam penelitian pendidikan

6

Mengembangkan dan merumuskan kajian teori dari sumber belajar

Kajian sumber belajar

7

Menyusun kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan . merumuskan hipotesis penelitian.

Kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan hipotesis penelitian.

8

Ujian Tengah Semester

 

9

Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel.

Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel.

10

Mengembangkan indi-kator dan instrumen penelitian,

Indikator dan instrumen penelitian

11

Menguasai teknik uji validitas dan reliabilitas instrumen,

Uji validitas dan reliabilitas instrumen,

12

Menguasai teknik analisis data penelitian

Analisis data penelitian

13

Seminar Proposal

Semi Proposal I

14

Seminar Proposal

Semi Proposal II

15

Seminar Proposal

Semi Proposal III

16

Mereview hasil penelitian

Review Hasil Penelitian

17

Ujian Akhir

 

 

 

7.   DAFTAR BUKU REFERENSI

 

Babbie, Earl. (2004). The Practice of Social Research. Victoria: Thomson Wadworth.

 

Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.

 

Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition,  New York: Holt, Rinehart and Winston.

 

Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

 

Wiersma, William. (1986).  Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

 

Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

 

Miles, Matthew B. and Huberman, A. Michael (1992).; Analisis Data Kualitatif. (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI

 


Evaluasi Pembelajaran
Muslem Daud

Evaluasi Pembelajaran

1. IDENTITAS MATA KULIAH

 

Nama Mata Kuliah                  : Evaluasi Pembelajaran

Kode Mata Kuliah                  : EKO531

Bobot                                      : 3 SKS

Jenjang                                    : S1

Jurusan/Prodi                          : Pendidikan Ekonomi/ semua jurusan

Dosen                                      : Muslem Daud, M.Ed, Ph.D

NIDN                                      : 1014117302

 

 

2. TUJUAN

            Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.

Sebagai rincian, setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :

1.      Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan tujuan dan prinsip penialaian

2.      Mahasiswa dapat memahami prosedur penilaian dan teknik penilaian

3.      Mahasiswa dapat memahami syarat tes dan alat penilaian yang baik

4.      Mahasiswa dapat membuat kisis-kisi soal dan instrumen

5.      Mahasiswa dapat menyusun butir soal dan instrument bentuk non tes

6.      Mahasiswa dapat menganalisis soal dan memperbaikinya

7.      Mahasiswa dapat mengolah sor ujian menjadi nilai

8.      Mahasiswa dapat membuat laboran hasil penilaian

 

 

3. DESKRIPSI

Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.

            Materi dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan, (2) peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes, (4) uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar.

 

4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN

    Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif

    Metode        : Ceramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran dan pemecahan masalah

    Tugas           : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi

    Media          : OHP, LCD, Online

 

5. EVALUASI

·         Kehadiran (minimal 80%)

·         Ujian Tengah Semester

·         Ujian Akhir Semester

·         Laporan buku

·         Tugas

·         Penyajian dan diskusi

 

6. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN

 

Pertemuan ke-

Kompetensi Dasar

1 dan 2

1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar

    pengukuran dan penilaian:

  • Pengertian evaluasi pendidikan
  • Perbedaan pengukuran dan penilaian
  • Fungsi dan manfaat penilaian hasil belajar
  • Jenis dan bentuk evaluasi hasil belajar
  • Syarat-syarat alat penilaian yang baik
  • Validitas dan reliabilitas

3 dan 4

2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan

    penyusunan Evaluasi Hasil Belajar

  • Pembahasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator atau TPU dan TPK
  • Pembahasan metode pemiliahan bahan evaluasi

Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar

5 dan 6

3. Memahami dan menerapkan konsep instrument

    evaluasi hasil belajar.

·         Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian.

·         Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian

·         Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.

 

7

·         Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi.

·         Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif

·         Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian Singkat

·         Pembahasan bentuk soal uraian (eseai)

Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar.    

8

UTS

9

Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar

  • Kompetensi Kognitif
  • Kompetensi Apektif
  • Kompetensi Psikomotor

10 dan 11

Mengolah hasil evaluasi

  • Pembahasan cara pemberian skor
  • Pembahasan berbagai pendekatan penilaian
  • Pembahasan cara pemberian nilai

Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar

12 dan 13

Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar

  • Pembahasan teknik analisis validitas
  • Pembahasan teknik analisis reliabilitas
  • Pembahasan teknik analisis tingkat kesukaran
  • Pembahasan teknik analisis daya pembeda
  • Pembahasan teknik analisis option  (untuk soal pilihan ganda).

14

·               Menyusun laporan hasil evaluasi hasil relajar

·               Pengisian rapor

·               Pelaporan tingkat ketuntasan belajar

·               Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan

15

Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran

16

UAS

 

 

 

7. DAFTAR BUKU

 

Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyarakta: PT Bina

Aksara.

 

Gronlund, Norman E. (1985)  Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York:

Mcmillan Publishing Company, Inc.

 

Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:

YPPE

Popham, W, James. 1978.  Evalution in Education: Current Applications. Los

Angeles: University of California

 

Puwanto, M. Ngalim. 2001.  Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Rosda Karya.

 

Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954.  Measurument in Today Schools. 3rd ed. New

Jersey.


Profesi Pendidikan
Muslem Daud

Profesi Pendidikan

Pertemuan ke

Tujuan Instruksional Umum

Tujuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Materi

Media

Metoda Pembelajaran

1

mahasiswa memahami ruang lingkup Profesi Kependidikan

1.   Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari profesi kependidikan

2.   Mahasiswa dapat menyebutkan konsep-konsep yang akan dibahas dalam profesi kependidikan

 

Overview Mata Kuliah dan Kontrak Belajar

1.     Ruang Lingkup profesi kependidikan

2.     Peta Konsep

3.     Pembentukan kelompok observasi dan wawancara anak dengan kebutuhan khusus (8 kelompok)

Lembar SAP

 

LCD

1.   Menyimak penjelasan dosen,

2.   Tanya jawab

3.   Diskusi

2

mahasiswa memahami Pengertian dan syarat profesi keguruan

1.     Setelah mengikuti kuliah mahasiswa memahami Pengertian dan syarat profesi keguruan

2.     Mahasiswa dapat menyebutkan definisi syarat profesi keguruan

 

Pengertian dan syarat profesi keguruan

1.     Pengertian Profesi

2.     Syarat-syarat profesi

3.     Profesi keguruan

4.     Syarat-syarat profesi keguruan

LCD

1.     Menyimak penjelasan dosen,

2.     Tanya jawab

3.     Diskusi

3

mahasiswa dapat memahami Kode etik profesi keguruan

 

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kode etik keguruan

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan Tujuan kode etik

3.     Mahasiswa mampu menerangkan bagaimana penetapan kode etik

4.     Mahasiswa mampu menjelaskan sanksi pelanggaran kode etik

5.     Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik guru indonesia

 

Kode etik profesi keguruan

 

1.   Pengertian kode etik

2.   Tujuan kode etik

3.   Penetapan kode etik

4.   Sanksi pelanggaran kode etik

5.   Kode etik guru indonesia

Lembar kerja

Studi kasus

1.   Menyimak penjelasan dosen,

2.   Tanya jawab

3.   Diskusi

4

Mahasiswa memahami Organisasi profesi keguruan

 

1.   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian  Organisasi  Profesi Keguruan

2.   Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Organisasi Profesi Keguruan

3.   Mahasiswa mampu menerangkan Tujuan Organisasi Profesi Keguruan

4.   Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia

5.   Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan

Organisasi profesi keguruan

 

1.     Hakikat Organisasi  Profesi Keguruan

2.     Fungsi Organisasi Profesi Keguruan

3.      Tujuan Organisasi Profesi Keguruan

4.      Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia

5.     Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan

LCD

1.  Menyimak penjelasan dosen,

2.  Tanya jawab

3.  Diskusi

5

Mahasiswa  memahami Sasaran sikap profesional dan Pengembangan sikap profesional

 

1.   Mahasiswa mampu Menjelaskan sikap professional guru

2.   Mahasiswa mampu menjelaskan sasaran sikap profesional

3.   Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan sikap professional

4.   Mahasiswa dapat menjelaskan kinerja profesinal guru

5.   Mahasiswa dapat menjelaskan peningakatan kinerja professional guru

Sasaran sikap profesional dan Pengembangan sikap profesional

1.     Pengertian Sikap Profesional Guru

2.     Pengertian Kinerja Profesional Guru

3.     Sasaran Sikap Profesional Guru

4.     Pengembangan Sikap Profesional

5.     Kinerja profesional guru

6.     Peningkatan Kinerja Profesional Guru

LCD

1.   Menyimak penjelasan dosen,

2.   Tanya jawab

3.   Diskusi

6

Mahasiswa memahami Syarat-syarat menjadi guru profesional

 

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep profesi

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan cirri-ciri guru yang professional

3.     Mahasiswa mampu menerangkan kompetensi yang harus dimiiki guru

 

syarat menjadi guru profesional

 

1.  Konsep profesi

2.  Ciri-ciri Guru Yang Profesional

3.  Kompetensi yang harus dimiliki guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial)

4.  Strategi Menjadi Guru Profesional

LCD

1.   Menyimak penjelasan dosen,

2.   Tanya jawab

3.   Diskusi

7

Mahasiswa memahami Pengembangan sikap profesional

1.     Mahasiswa mampu peraturan perundang-undangan

2.     Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan sikap professional

3.     Mahasiswa dapat menjelaskan kinerja profesinal guru

4.     Mahasiswa dapat menjelaskan peningakatan kinerja professional guru

Pengembangan sikap profesional

1.  peraturan perundang-undangan

2.  Organisasi profesi

3.  teman sejawat

4.  Anak didik

5.  Tempat kerja

6.  Pemimpin

7.  Pekerjaan

LCD

1.   Menyimak penjelasan dosen,

2.   Tanya jawab

3.   Diskusi

8

UTS

9

Mahasiswa memahami Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator

 

1.     Mahasiswa mampu menyebutkan definisi dari komunikasi

2.     menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa?

3.     Mahasiswa mampu menjelaskan teknik komunikasi

4.     Mahasiwa mampu menjelaskan tugas dan wewenang guru

 

Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator

 

1.     Komunikasi

2.     Teknik komunikasi

3.     Guru sebagai fasilitator.

4.     Tugas dan Wewenang

5.     Tanggung Jawab

6.     Teknik Fasilitator

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

10

Mahasiswa  memahami prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal

 

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Kesiapan (Readiness)

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Motivasi (Motivation)

3.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Persepsi

4.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Tujuan

5.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Perbedaan Individual

6.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Transfer dan Retensi

7.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Belajar Kogniti

8.     Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Belajar Afektif

9.     Mahasiswa mampu menjelaskan Proses Belajar Psikomotor

10.  Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Evaluasi

prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal

 

1.     Prinsip Kesiapan (Readiness)

2.     Prinsip Motivasi (Motivation)

3.     Prinsip Persepsi

4.     Prinsip Tujuan

5.     Prinsip Perbedaan Individual

6.     Prinsip Transfer dan Retensi

7.     Prinsip Belajar Kogniti

8.     Prinsip Belajar Afektif

9.     Proses Belajar Psikomotor

10.  Prinsip Evaluasi

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

11

Mahasiswa memahami Cara memotivasi siswa

 

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan belajar melalui model

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan  belajar kebermaknaan

3.     Mahasiswa mampu menjelaskan  melakukan interaksi

4.     Mahasiswa mampu menjelaskan  penyajian yang menarik

5.     Mahasiswa mampu menjelaskan  temu tokoh

 

Cara memotivasi siswa

 

1.     belajar melalui model

2.     belajar kebermaknaan

3.     melakukan interaksi

4.     penyajian yang menarik

5.     temu tokoh

6.     mengulangi kesimpulan materi

7.     wisata alam

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

12

Mahasiswa memahami Permasalahn yang dihadapi oleh guru

 

1.     Mahasiswa mampu menjelaskan Masalah umum

2.     Mahasiswa mampu menjelaskan  Masalah khusus

3.     Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan

Permasalahn yang dihadapi oleh guru

 

1.     Masalah umum

2.     Masalah khusus

3.     Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

13

Mahasiswa memahami Supervisi pendidikan

 

1.     Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian supervisi pendidikan

2.     Mahasiswa dapat menjelaskan Tugas supervisor pendidikan

3.     Mahasiswa dapat menjelaskan Tujuan supervisi pendidikan.

4.     Mahasiswa dapat menjelaskan Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan  

Supervisi pendidikan

 

1.     Pengertian supervisi pendidikan

2.     Tugas supervisor pendidikan

3.     Tujuan supervisi pendidikan.

4.     Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan  

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

14

Mahasiswa memahami pendidikan bagi anak hiperaktif

1.     Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian kepala, pimpinan dan kepemimpinan

2.     Mahasiswa dapat menjelaskan Teori kepemimpinan

3.     Mahasiswa dapat menjelaskan Tugas dan tanggug jawab kepala sekolah

4.     Mahasiswa dapat menjelaskan Manajemen penanganan konflik

Kepemimpinan

 

1.     Pengertian kepala, pimpinan dan kepemimpinan

2.     Teori kepemimpinan

3.     Tugas dan tanggug jawab kepala sekolah

4.     Manajemen penanganan konflik

LCD

1.     Menyimak

2.     penjelasan dosen,

3.     Tanya jawab

4.     Diskusi

5.     Observasi

15

Review

16

UAS


Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi
Dedi Sufriadi

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui beberapa konsep dasar dalam Ilmu Ekonomi, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memahami permasalahan ekonomi baik dalam bidang ekonomi mikro maupun ekonomi makro. Untuk mencapai tujuan di atas, cakupan materi perkuliahan terdiri dari Aspek ekonomi mikro dan makro. Aspek mikro meliputi konsep dasar dan masalah ekonomi, perkembangan pemikiran ekonomi, kegiatan ekonomi, permintaan, penawaran dan sistem penentuan harga pasar, produksi dan bentuk-bentuk pasar. Aspek makro meliputi pendapatan nasional, uang, bank dan lembaga keuangan lain, inflasi dan deflasi serta perdagangan Internasional.