
EKONOMI INDONESIA
Mata Kuliah Perekonomian Indonesia adalah untuk memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan tentang tahap-tahap dan permasalahan- permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia. Pembahasan dimulai dengan beberapa proses yang menyertaai pembangunan ekonomi: proses akumulasi, alokasi, demografi dan distribusi

Metode Penelitian
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
1. IDENTITAS MATAKULIAH :
Nama Mata Kuliah : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah : EKO532
Bobot : 3 SKS
Jenjang : S1
Jurusan/Prodi : Pendidikan Ekonomi/ semua jurusan
Dosen : Muslem Daud, M.Ed, Ph.D
NIDN : 1014117302
2. TUJUAN
Mahasiswa memiliki kompetensi:
1. Mengidentifikasi domain Penelitian Pendidikan,
2. Memahami jenis-jenis penelitian pendidikan,
3. Memahami dasar-dasar penelitian pendidikan,
4. Mengidentifikasi permasalahan penelitian,
5. Mengidentifikasi variabel penelitian,
6. Mengembangkan dan merumuskan kajian teori dari sumber belajar,
7. Menyusun kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan merumuskan hipotesis
penelitian.
8. Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel.
9. Mengembangkan indikator indikator dan instrumen penelitian,
10. Menguasai teknik membuktikan validitas instrumen dan mengestimasi
reliabilitas instrumen,
11. Menguasai teknik analisis data penelitian.
12. Menyusun proposal peneltian.
13. Mereview hasil penelitian.
3. DESKRIPSI
Kuliah ini meliputi Domain Penelitian Pendidikan, jenis-jenis penelitian pendidikan, dasar-dasar penelitian pendidikan, permasalahan penelitian, variabel penelitian, kajian teori dari sumber belajar, rumusan hipotesis (jika ada), teknik sampling, indikator dan instrumen penelitian, validitas dan reliabilitas instrumen, teknik analisis data penelitian, pelaporan publikasi, dan review hasil penelitian.
I. Standar Kompetensi : Menguasai konsep dan Praksis Penelitian (Riset) Pendidikan
Kompetesi Dasar |
Materi Pokok/ Rincian Materi |
Kegiatan Belajar |
1 |
2 |
3 |
1. Memahami berbagai jenis dan metode riset
2. Mampu merancang riset pendidikan
|
1.1 Konsep dasar riset 1.2 Pendekatan riset kuantitatif dan kualitatif
2.1 Desain riset kuantitatif dan kualitatif 2.2 Spektrum Penelitian 2.3 Latar belakang dan identifikasi masalah
2.4 Perumusan masalah/fokus penelitian 2.5 Perumusan tujuan dan manfaat hasil riset
2.6 Kajian teori dlm rangka perumusan grand teori dasar kajian variabel penelitian
2.7 Kajian empirik hasil penelitian relevan.
2.8 Perumusan kerangka pikir dan perumusan hipotesis.
2.9 Jenis pendekatan dalam riset
2.10 Subyek riset : populasi dan sampel
2.11 Jenis metode dan prosedur pengumpulan data
2.12 Prosedur penyusunan instrumen riset
2.13 Teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif
2.14 Penafsiran hasil riset
2.15 Penyusunan proposal riset
2.16 Melakukan riset artificial
|
Mengkaji konsep dan prinsip-prinsip riset Mengkaji berbagai pendekatan dan metode riset
Mengkaji desain riset kuantitatif dan kualitatif Mengkaji spektrum penelitian Mencari fakta dan kajian logika/ konsep yg relevan dg masalah riset. Membuat rumusan masalah/fokus riset. Merumuskan tujuan dan manfaat riset
Berlatih menyusun kerangka teori /grand teori yg menjadi dasar kajian variabel penelitian
Berlatih memilih dan meramu kajian empirik yg relevan dg variabel riset
Berlatih menyusun kerangka pikir keterkaitan antar variabel sesuai dg jenis konstelasi variabel
Berlatih merumuskan berbagai jenis hipotesis dan tipe kesalahan uji hipotesis
Mengkaji jenis pendekatan dlm riset
Mengkaji dan mendiskusikan subjek riset dg berbagai teknik yg sesuai dg konteks riset. Mengkaji berbagai jenis dan prosedur pengumpulan data
Berlatih menentukan , mengkaji, dan menyusun instrumen riset
Mengkaji dan memilih teknik analisis data yg sesuai dg karakteristik riset dan konstelasi variabel
Berlatih mengkaji /menafsiran hasil riset dr studi empirik yg relevan Menyusun proposal sbg embrio proposal skripsi
Berlatih melakukan penelitian dlm skop kecil
|
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Ekspositori dan Inkuiri
Metode : cermah, tanya-jawab, diskusi, dan bermain peran.
Tugas : makalah, penyajian, dan laporan kuliah
Media : OHP, LCD dan Online/ Daring
5. EVALUASI
1. Selalu hadir dan aktif mengikuti perkuliahan di kelas sesuai jadwal, minimal 80% kehadiran.
2. Selalu belajar secara aktif dan menyelesaikan tugas yang diberikan, baik tugas individual maupun kelompok.
3. Menyerahkan tugas tepat pada waktunya.
4. Mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS).
5. Menyerahkan ugas akhir/ proposal penelitian
6. Mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
6. RINCIAN MATERI PERKUALIAHAN
Pertemuan/ Minggu |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
1 |
Mengidentifikasi domain Penelitian Pendidikan |
Domain Penelitian Pendidikan |
2 |
Memahami jenis-jenis penelitian pendidikan |
jenis-jenis penelitian pendidikan |
3 |
Memahami dasar-dasar penelitian pendidikan |
dasar-dasar penelitian pendidikan |
4 |
Mengidentifikasi permasalahan penelitian |
permasalahan penelitian pendidikan |
5 |
Mengidentifikasi variabel penelitian |
Variabel dalam penelitian pendidikan |
6 |
Mengembangkan dan merumuskan kajian teori dari sumber belajar |
Kajian sumber belajar |
7 |
Menyusun kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan . merumuskan hipotesis penelitian. |
Kerangka berpikir dari hasil kajian teori, dan hipotesis penelitian. |
8 |
Ujian Tengah Semester |
|
9 |
Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel. |
Menggunakan teknik sampling dalam pengambilan sampel. |
10 |
Mengembangkan indi-kator dan instrumen penelitian, |
Indikator dan instrumen penelitian |
11 |
Menguasai teknik uji validitas dan reliabilitas instrumen, |
Uji validitas dan reliabilitas instrumen, |
12 |
Menguasai teknik analisis data penelitian |
Analisis data penelitian |
13 |
Seminar Proposal |
Semi Proposal I |
14 |
Seminar Proposal |
Semi Proposal II |
15 |
Seminar Proposal |
Semi Proposal III |
16 |
Mereview hasil penelitian |
Review Hasil Penelitian |
17 |
Ujian Akhir |
|
7. DAFTAR BUKU REFERENSI
Babbie, Earl. (2004). The Practice of Social Research. Victoria: Thomson Wadworth.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. (1985). Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Wiersma, William. (1986). Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Branen, Julia. (1999). Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Miles, Matthew B. and Huberman, A. Michael (1992).; Analisis Data Kualitatif. (Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi dan Mulyarto). Jakarta: Penerbit UI

Evaluasi Pembelajaran
1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran
Kode Mata Kuliah : EKO531
Bobot : 3 SKS
Jenjang : S1
Jurusan/Prodi : Pendidikan Ekonomi/ semua jurusan
Dosen : Muslem Daud, M.Ed, Ph.D
NIDN : 1014117302
2. TUJUAN
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
Sebagai rincian, setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :
1. Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan tujuan dan prinsip penialaian
2. Mahasiswa dapat memahami prosedur penilaian dan teknik penilaian
3. Mahasiswa dapat memahami syarat tes dan alat penilaian yang baik
4. Mahasiswa dapat membuat kisis-kisi soal dan instrumen
5. Mahasiswa dapat menyusun butir soal dan instrument bentuk non tes
6. Mahasiswa dapat menganalisis soal dan memperbaikinya
7. Mahasiswa dapat mengolah sor ujian menjadi nilai
8. Mahasiswa dapat membuat laboran hasil penilaian
3. DESKRIPSI
Mata kuliah Evaluasi Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materi dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan, (2) peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes, (4) uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran dan pemecahan masalah
Tugas : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP, LCD, Online
5. EVALUASI
· Kehadiran (minimal 80%)
· Ujian Tengah Semester
· Ujian Akhir Semester
· Laporan buku
· Tugas
· Penyajian dan diskusi
6. RINCIAN MATERI PERKULIAHAN
Pertemuan ke- |
Kompetensi Dasar |
|
1 dan 2 |
1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar pengukuran dan penilaian:
|
|
3 dan 4 |
2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan penyusunan Evaluasi Hasil Belajar
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar |
|
5 dan 6 |
3. Memahami dan menerapkan konsep instrument evaluasi hasil belajar. · Pembahasan jenis tagihan dan intsrumen penilaian. · Pembahasan syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian · Berlatih menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.
|
|
7 |
· Pembahasan berbagai jenis instrument evaluasi. · Pembahasan bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif · Pembahasan bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian Singkat · Pembahasan bentuk soal uraian (eseai) Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar. |
|
8 |
UTS |
|
9 |
Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator pencapaian hasil belajar
|
|
10 dan 11 |
Mengolah hasil evaluasi
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar |
|
12 dan 13 |
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
|
|
14 |
· Menyusun laporan hasil evaluasi hasil relajar · Pengisian rapor · Pelaporan tingkat ketuntasan belajar · Pelaporan hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan |
|
15 |
Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran |
|
16 |
UAS |
|
7. DAFTAR BUKU
Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyarakta: PT Bina
Aksara.
Gronlund, Norman E. (1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York:
Mcmillan Publishing Company, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:
YPPE
Popham, W, James. 1978. Evalution in Education: Current Applications. Los
Angeles: University of California
Puwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Bandung: Rosda Karya.
Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rd ed. New
Jersey.

Profesi Pendidikan
Pertemuan ke |
Tujuan Instruksional Umum |
Tujuan Instruksional Khusus |
Pokok Bahasan |
Materi |
Media |
Metoda Pembelajaran |
1 |
mahasiswa memahami ruang lingkup Profesi Kependidikan |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari profesi kependidikan 2. Mahasiswa dapat menyebutkan konsep-konsep yang akan dibahas dalam profesi kependidikan
|
Overview Mata Kuliah dan Kontrak Belajar |
1. Ruang Lingkup profesi kependidikan 2. Peta Konsep 3. Pembentukan kelompok observasi dan wawancara anak dengan kebutuhan khusus (8 kelompok) |
Lembar SAP
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
2 |
mahasiswa memahami Pengertian dan syarat profesi keguruan |
1. Setelah mengikuti kuliah mahasiswa memahami Pengertian dan syarat profesi keguruan 2. Mahasiswa dapat menyebutkan definisi syarat profesi keguruan
|
Pengertian dan syarat profesi keguruan |
1. Pengertian Profesi 2. Syarat-syarat profesi 3. Profesi keguruan 4. Syarat-syarat profesi keguruan |
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
3 |
mahasiswa dapat memahami Kode etik profesi keguruan
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian kode etik keguruan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan Tujuan kode etik 3. Mahasiswa mampu menerangkan bagaimana penetapan kode etik 4. Mahasiswa mampu menjelaskan sanksi pelanggaran kode etik 5. Mahasiswa mampu menjelaskan kode etik guru indonesia
|
Kode etik profesi keguruan
|
1. Pengertian kode etik 2. Tujuan kode etik 3. Penetapan kode etik 4. Sanksi pelanggaran kode etik 5. Kode etik guru indonesia |
Lembar kerja Studi kasus |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
4 |
Mahasiswa memahami Organisasi profesi keguruan
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Organisasi Profesi Keguruan 2. Mahasiswa mampu menjelaskan Fungsi Organisasi Profesi Keguruan 3. Mahasiswa mampu menerangkan Tujuan Organisasi Profesi Keguruan 4. Mahasiswa mampu menjelaskan Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia 5. Mahasiswa mampu menjelaskan Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan |
Organisasi profesi keguruan
|
1. Hakikat Organisasi Profesi Keguruan 2. Fungsi Organisasi Profesi Keguruan 3. Tujuan Organisasi Profesi Keguruan 4. Jenis-jenis Organisasi Profesi Keguruan yang Ada di Indonesia 5. Ruang Lingkup Organisasi Profesi Keguruan |
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
5 |
Mahasiswa memahami Sasaran sikap profesional dan Pengembangan sikap profesional
|
1. Mahasiswa mampu Menjelaskan sikap professional guru 2. Mahasiswa mampu menjelaskan sasaran sikap profesional 3. Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan sikap professional 4. Mahasiswa dapat menjelaskan kinerja profesinal guru 5. Mahasiswa dapat menjelaskan peningakatan kinerja professional guru |
Sasaran sikap profesional dan Pengembangan sikap profesional |
1. Pengertian Sikap Profesional Guru 2. Pengertian Kinerja Profesional Guru 3. Sasaran Sikap Profesional Guru 4. Pengembangan Sikap Profesional 5. Kinerja profesional guru 6. Peningkatan Kinerja Profesional Guru |
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
6 |
Mahasiswa memahami Syarat-syarat menjadi guru profesional
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Konsep profesi 2. Mahasiswa mampu menjelaskan cirri-ciri guru yang professional 3. Mahasiswa mampu menerangkan kompetensi yang harus dimiiki guru
|
syarat menjadi guru profesional
|
1. Konsep profesi 2. Ciri-ciri Guru Yang Profesional 3. Kompetensi yang harus dimiliki guru (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial) 4. Strategi Menjadi Guru Profesional |
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
7 |
Mahasiswa memahami Pengembangan sikap profesional |
1. Mahasiswa mampu peraturan perundang-undangan 2. Mahasiswa dapat menjelaskan pengembangan sikap professional 3. Mahasiswa dapat menjelaskan kinerja profesinal guru 4. Mahasiswa dapat menjelaskan peningakatan kinerja professional guru |
Pengembangan sikap profesional |
1. peraturan perundang-undangan 2. Organisasi profesi 3. teman sejawat 4. Anak didik 5. Tempat kerja 6. Pemimpin 7. Pekerjaan |
LCD |
1. Menyimak penjelasan dosen, 2. Tanya jawab 3. Diskusi |
8 |
UTS |
|||||
9 |
Mahasiswa memahami Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator
|
1. Mahasiswa mampu menyebutkan definisi dari komunikasi 2. menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? 3. Mahasiswa mampu menjelaskan teknik komunikasi 4. Mahasiwa mampu menjelaskan tugas dan wewenang guru
|
Guru professional sebagai komunikator dan fasilitator
|
1. Komunikasi 2. Teknik komunikasi 3. Guru sebagai fasilitator. 4. Tugas dan Wewenang 5. Tanggung Jawab 6. Teknik Fasilitator |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
10 |
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Kesiapan (Readiness) 2. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Motivasi (Motivation) 3. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Persepsi 4. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Tujuan 5. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Perbedaan Individual 6. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Transfer dan Retensi 7. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Belajar Kogniti 8. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Belajar Afektif 9. Mahasiswa mampu menjelaskan Proses Belajar Psikomotor 10. Mahasiswa mampu menjelaskan Prinsip Evaluasi |
prinsip-prinsip yang perlu diperharikan dalam pembelajaran yang diintisarikan oleh Rothwal
|
1. Prinsip Kesiapan (Readiness) 2. Prinsip Motivasi (Motivation) 3. Prinsip Persepsi 4. Prinsip Tujuan 5. Prinsip Perbedaan Individual 6. Prinsip Transfer dan Retensi 7. Prinsip Belajar Kogniti 8. Prinsip Belajar Afektif 9. Proses Belajar Psikomotor 10. Prinsip Evaluasi |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
11 |
Mahasiswa memahami Cara memotivasi siswa
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan belajar melalui model 2. Mahasiswa mampu menjelaskan belajar kebermaknaan 3. Mahasiswa mampu menjelaskan melakukan interaksi 4. Mahasiswa mampu menjelaskan penyajian yang menarik 5. Mahasiswa mampu menjelaskan temu tokoh
|
Cara memotivasi siswa
|
1. belajar melalui model 2. belajar kebermaknaan 3. melakukan interaksi 4. penyajian yang menarik 5. temu tokoh 6. mengulangi kesimpulan materi 7. wisata alam |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
12 |
Mahasiswa memahami Permasalahn yang dihadapi oleh guru
|
1. Mahasiswa mampu menjelaskan Masalah umum 2. Mahasiswa mampu menjelaskan Masalah khusus 3. Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan |
Permasalahn yang dihadapi oleh guru
|
1. Masalah umum 2. Masalah khusus 3. Membantu memberikan solusi terhadap permasalahan |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
13 |
Mahasiswa memahami Supervisi pendidikan
|
1. Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian supervisi pendidikan 2. Mahasiswa dapat menjelaskan Tugas supervisor pendidikan 3. Mahasiswa dapat menjelaskan Tujuan supervisi pendidikan. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan |
Supervisi pendidikan
|
1. Pengertian supervisi pendidikan 2. Tugas supervisor pendidikan 3. Tujuan supervisi pendidikan. 4. Teknik dan metode supervisi serta mampu merencanakan supervisi pendidikan |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
14 |
Mahasiswa memahami pendidikan bagi anak hiperaktif |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian kepala, pimpinan dan kepemimpinan 2. Mahasiswa dapat menjelaskan Teori kepemimpinan 3. Mahasiswa dapat menjelaskan Tugas dan tanggug jawab kepala sekolah 4. Mahasiswa dapat menjelaskan Manajemen penanganan konflik |
Kepemimpinan
|
1. Pengertian kepala, pimpinan dan kepemimpinan 2. Teori kepemimpinan 3. Tugas dan tanggug jawab kepala sekolah 4. Manajemen penanganan konflik |
LCD |
1. Menyimak 2. penjelasan dosen, 3. Tanya jawab 4. Diskusi 5. Observasi |
15 |
Review |
|||||
16 |
UAS |

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui beberapa konsep dasar dalam Ilmu Ekonomi, sehingga mahasiswa diharapkan dapat memahami permasalahan ekonomi baik dalam bidang ekonomi mikro maupun ekonomi makro. Untuk mencapai tujuan di atas, cakupan materi perkuliahan terdiri dari Aspek ekonomi mikro dan makro. Aspek mikro meliputi konsep dasar dan masalah ekonomi, perkembangan pemikiran ekonomi, kegiatan ekonomi, permintaan, penawaran dan sistem penentuan harga pasar, produksi dan bentuk-bentuk pasar. Aspek makro meliputi pendapatan nasional, uang, bank dan lembaga keuangan lain, inflasi dan deflasi serta perdagangan Internasional.